Rabu, 29 Mei 2013

SIMKOM (dasar teori)

Simulasi komputer bisa juga disebut model komputer adalah suatu program komputer yang bisa dijalankan oleh satu komputer atau pada suatu jaringan komputer. Program ini akan mencoba mensimulasikan model abstrak dari suatu system yang particular. Simulasi komputer ini menjadi berguna bagi model matematik dari berbagai system dasar pada ilmu fisika, kimia, biologi, system ekonomi manusia, psikologi, ilmu sosial dan tentunya dalam engineering. Simulasi pada suatu system mewakili bahwa model sistem tersebut dapat berjalan/ running. Simulasi tersebut dapat digunakan untuk meng – explore atau menumbuhkan wawasan baru menuju teknologi baru dan dapat pula digunakan untuk mengestimasi kinerja dari suatu system yang kompleks untuk menganalisis solusinya.
Simulasi komputer itu bervariasi dari yang hanya berjalan beberapa menit atau bahkan sampai beberapa jam, untuk simulasi yang berjalan berkelanjutan setiap harinya.
Model komputer mengacu pada persamaan algoritma yang digunakan sebagai penangkap perilaku system yang nantinya menjadi suatu model. Dan sebuat simulasi komputer itu merujuk pada realisasi dari jalannya program yang berisi persamaan algoritma tersebut. Jadi intinya simulasi itu bergantung pada model.
Tipe model komputer
Model komputer dapat digolongkan menjadi beberapa, yaitu :
  1. Stokastik atau deterministic, biasanya modelnya itu menggunakan angka atau nomor yang acak.   Biasanya digunakan pada situasi peristiwa yang acak.
  2. Steady state atau dinamis, model simulasi dinamis menanggapi perubahan system nya itu dari inputannya
  3. Kontinyu atau diskrit, model yang terus menerus melakukan diferensiasi atau penurunan
  4. Local atau terdistribusi, model ini biasanya berjalan dalam suatu jaringan komputer yang saling berhubungan, misalnya melalui internet.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar