Senin, 24 Maret 2014

Sistem Manajemen Informasi (2)

Sistem informasi   adalah   suatu   kombinasi terartur apapun dari people (orang), hardware (perangkat keras), software (piranti lunak), computer networks and data communications (jaringan komunikasi), dan database (basis data) yang mengumpulkan, mengubah dan menyebarkan informasi di dalam suatu bentuk organisasi. O’Brien (2005,p5)
Menurut O’Brien (2005) tiga peran utama dari sistem informasi bisnis antara lain :
- mendukung proses dan operasi bisnis,
- mendukung pengambilan keputusan dalam bisnis, dan
- serta mendukung berbagai strategi untuk keunggulan kompetitif
Tujuan Sistem Informasi Manajemen
Tujuan SIM, yaitu:
  • Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
  • Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
  • Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan

Pengembangan Sistem Informasi
Mengembangkan solusi sistem informasi untuk mengatasi masalah bisnis dapat diimplementasikan dan dikelola sebagai beberapa proses bertahap atau beberapa siklus yaitu investigasi, analisis, pembentukan design, implementasi sistem informasi, dan menjaga keberlanjutan sistem informasi seperti ditunjukkan pada Gambar  di samping (O’Brien, 2005).

Siklus Pengembangan Sistem Informasi
Tahap Investigasi
Merupakan tahap pertama dalam proses pengembangan sistem informasi, Terdiri dari beberapa analisis kelayakan, yang mencakup :
•Analisis Kelayakan Operasional
•Analisis Kelayakan Ekonomi
•Analisis Kelayakan Operasional
•Analisis Kelayakan Teknik
•Analisis Kelayakan Faktor Manusia (Human Factors)

Tahap Analisis
Penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan, kesempatan, hambatan yang terjadi dan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan.

Tahap Desain
Tahap Implementasi
Tahap implementasi sistem melibatkan :
  • Hardware dan software akuisisi
  • pegembangan perangkat lunak
  • pengujian program dan prosedur
  • konversi sumber daya data
  • alternativ konversi
  • pendidikan / pelatihan pengguna akhir dan spesialis yang akan mengoperasikan sistem baru
Tahap Maintenance
Ada empat kategori dasar pemeliharaan sistem
  • Corrective: memperbaiki bug dan kesalahan logis
  • Adaptif: menambahkan fungsi baru
  • Perfektif: meningkatkan kinerja
  • Pencegahan: mengurangi kemungkinan kegagalan

refers to : budi.staf.upi.edu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar